PANDEGLANG, BINGAR.ID – Layanan fasilitas kesehatan di Pandeglang mendapat sorotan dari Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN). Pasalnya, DJSN mengaku mendapat banyak keluhan dari masyarakat atas kurang memuaskannya pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Pandeglang, baik itu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah, maupun di Puskesmas-Puskesmas.
Anggota DJSN, dr. Tono Rustiano mengungkapkan, buruknya pelayanan kesehatan di daerah berjuluk kota santri ini, diketahuinya dari banyaknya aduan dan pengakuan warga yang pasca-berobat ke RSUD Berkah, maupun berobat di Puskesmas.
Baca juga: Lebih dari 132.000 Tenaga Kesehatan Telah Divaksin
“Disadari atau tidak, memang ada beberapa masukan dari masyarakat kita di Pandeglang ini, bahwa pelayanan kesehatan di RSUD Berkah maupun di Puskesmas, pelayanannya kurang memuaskan. Bahkan selain pelayanan, juga banyak hal lain yang kita dapatkan dari mereka ini. Sehingga tidak sedikit warga Pandeglang, yang akhirnya memilih RSUD di luar Pandeglang ketika hendak berobat,” ungkapnya, Rabu (10/3/2021).
Dia berharap adanya pembenahan secara mendasar, mulai dari manajemen pengelolaan, hingga pemenuhan sarana dan prasarana Fasilitas Pelayanan Kesehatannya (Fasyankes), baik di RSUD Berkah, maupun di Puskesmas-Puskesmas yang ada.
“Demi memperbaiki pelayanan terhadap masyarakat yang sedang berobat, maka dibutuhkan sarana prasarana Fasyankes yang memadai, ditambah pembenahan terhadap SDM yang harus memenuhi Standar Akreditasi, agar terarah dan teratur sesusi dengan peraturan dan ketentuan Perumahsakitan yang ada,” tambahnya.
Baca juga: Insentif dan Santunan Kematian Tenaga Kesehatan di Pandeglang Belum Jelas
Toto menambahkan, seharusnya dalam memberi pelayanan kesehatan secara baik dan prima terhadap masyarakat yang berobat, selain ketersediaan Fasyankes yang memadai, para pelayanan kesehatan tersebut pun, harus mempunyai Kebijakan, Pedoman, Panduan, SPO dan Formulir sesuai standar yang sudah ditetapkan.
“Apabila RS maupun Puskesmas sudah mempunyai hal-hal tersebut, maka dapat dipastikan masyarakat, atau pasien akan merasa puas ketika berobat ke RSUD atau Puskesmas, dan dipastikan juga tidak akan ada komplain maupun suara sumbang terkait buruknya, atau kurang baiknya pelayanan kesehatan di Kabupaten Pandeglang ini,” pungkasnya. (Aditya/Red)