Dongkrak PAD, Dishub Kembali Reaktivasi Terminal Tipe C di Pandeglang

Kabid Angkutan Dishub Pandeglang, Berlyana Henny saat lakukan brifing bersama sejumlah anggota Dishub lapangan, untuk mengarahkan kendaraan angkutan umum ke terminal tipe C Panimbang. Istimewa

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pandeglang kembali melakukan reaktivasi Terminal Tipe C yang ada di Desa Panimbang Jaya, Kecamatan Panimbang, pada Selasa 23 Agustus 2022, yang telah lama tidak aktif dan terbengkalai usai dibangun dan diresmikan beberapa tahun lalu.

Reaktivasi terminal tipe C Panimbang itu, merupakan rangkaian program aktivasi dari sejumlah terminal tipe C di Pandeglang, yang sempat terbengkalai, yakni Terminal Tipe C Cadasari, Carita dan Panimbang, sebagai bagian dari upaya Bidang Angkutan pada Dishub Pandeglang, mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi angkutan.

Baca Juga : Dishub Pandeglang “Bingung” Benahi Parkir di Pasar Badak

“Ini program reaktivasi terminal tipe C yang terakhir kita lakukan di bulan Agustus ini, setelah sebelumnya, kita mengaktifkan dua terminal tipe C yang ada di Pandeglang, yakni Cadasari dan Carita. Mudah-mudahan setelah aktivasi ke tiga terminal tipe C ini selesai, PAD dari sektor retribusi angkutan bisa lebih optimal,” jelas Berlyan Henny, Selasa 23 Agustus 2022.

Dikatakannya juga, pengaktifan ketiga terminal itu diharapkan bisa efektif, serta berjalan kedepannya, dan tidak kembali mati seperti sebelumnya. Karena menurutnya, capaian PAD dari sektor retribusi angkutan tersebut, bisa lebih mudah dan efektif, ketika jumlah kendaraan yang ada terkontrol oleh petugas jaga.

Baca Juga : Lama Terbengkalai, Terminal Cadasari Difungsikan Kembali

“Tahun lalu kita sempat kesulitan dalam capaian target PAD kita di sektor retribusi ini. Karena petugas penarik retribusi di lapangan, banyak tang mengaku kesulitan untuk mengontrol jumlah kendaraan yang aktif setiap harinya. Sehingga capaian PAD nya pun saat itu tidak maksimal, atau hanya mencapai sekitar 43 persen saja,” tambahnya.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Pandeglang ini pun meyakini. Dengan aktif nya ketiga terminal tipe C di Pandeglang tersebut, PAD dari sektor retribusi angkutan bisa lebih maksimal. Karena hingga saat ini memasuki triwulan kedua, PAD retribusi angkutan yang sudah masuk sudah mencapai 71 persen.

Baca juga : Giliran Terminal Carita yang Diaktifkan Lagi Setelah 5 Tahun Terbengkalai

“Saya optimis hingga akhir tahun 2022 ini, target PAD kita di sektor retribusi angkutan bisa mencapai target, bila ketiga terminal tipe C yang ada di Pandeglang ini tetap berjalan. Tinggal kita benahi saja fasilitas-fasilitas yang ada namun sudah rusak, maupun kita tambahkan fasilitas lainnya yang belum ada, guna mendukung kelancaran dan kenyamanan pengguna terminal ini,” pungkasnya. (Aditya)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru