Dindikpora Pandeglang Minta Perbanyak Ekstrakurikuler, Guna Hindari Tawuran

Kantor Dindikpora Pandeglang, di Komplek Perkantoran Cikupa, Pandeglang. Sandi

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Guna mencegah tawuran antar sekolah, maupun hal-hal yang bersifat negatif bagi siswa. Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Pandeglang, meminta seluruh Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) yang ada di Pandeglang, untuk mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler.

Sekretaris Dindikpora Pandeglang, Kamir mengatakan, sekolah harus memperbanyak kegiatan ekstrakurikuler diluar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Hal ini diharapkan bisa mempersempit waktu pelajar, berbuat negatif, maupun tawuran antar sekolah.

Baca Juga : Dindikpora Sebut Persoalan Infrastruktur Pendidikan di Pandeglang Tuntas 2026

“Pola pendidikan saat ini, sekolah-sekolah, khususnya SMP, semestinya memperbanyak kegiatan ekskulnya. Ini bisa meminimalisir kegiatan siswa yang negatif di luar sekolah, serta bisa mencegah terjadinya tawuran pelajar, terlebih mengarahkan ekskulnya pada hal-hal yang positif dan berbau sosial,” jelas Kamir, Rabu 21 Februari 2024.

Baca Juga : Perampok Dana BOS Dindikpora Pandeglang Segera Diumumkan

Tentunya dengan kegiatan ekstrakurikuler ini pun, bisa menumbuhkembangkan minat dan bakat anak didik pada hal-hal yang bersifat positif, serta bisa menjadi sarana penyalur bakat anak itu sendiri.

“Misalnya di bidang fisik, ada kegiatan olahraga seperti Karate, Taekwondo, Pencak Silat, atau yang lainnya. Sehingga minat dan bakat anak bisa tergali serta tersalurkan dengan positif,” ungkapnya.

Baca Juga : Dindikbud Pandeglang Beri Penghargaan Pada Siswa SD Peraih Juara Nasional

Selain itu Kamir pun menegaskan, banyak bakat siswa yang sebenarnya bisa digali dan dimaksimalkan kemampuannya, melalui program ekstrakulikuler tersebut. Baik itu bakat Kesenian, Olahraga, Keilmuan mata pelajaran, maupun bakat bermusik.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, para siswa bisa lebih positif dalam menyalurkan jiwa mudanya, dengan menggali potensi diri. Sehingga hal-hal yang sifatnya dapat merugikan diri sendiri dengan perbuatan negatif, bisa dihindari,” tutupnya. (Sandi/Adyt)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru