Cina dan Amerika Klaim Temukan Vaksin COVID-19 yang Siap Diproduksi Massal

Cina dan Amerika Klaim Temukan Vaksin COVID-19 yang Siap Diproduksi Massal

JAKARTA, BINGAR.ID – Cina mengklaim jika vaksin untuk menyembuhkan pasien Virus Corona atau Covid-19 sudah berhasil ditemukan para ilmuan dinegaranya.

Penemuan vaksin Covid-19 itu telah ditemukan para peneliti di Akademik Epidemiologi yang dipimpin ilmuwan bernama Chen Wei. Hal itu diungkapkan duta besar Cina untuk Riyadh, Chen Weiqing, Rabu 18 Maret 2020.

Menurutnya, informasi yang diterimanya ilmuwan Cina telah melakukan penelitian klinis dan tinggal melakukan percobaan terhadap manusia saja.

Bukan hanya Cina, Amerika Serikat pun mengklaim jika para ilmuwan yang ada dinegaranya telah menemukan vaksin Covid-19. Bahkan, Institut Nasional Penyakit Alergi dan Infeksi (NIAID) yang bermarkas di Maryland, Amerika Serikat, telah melakukan uji coba pertama pemberian kandidat vaksin Covid-19 kepada 45 orang dewasa yang sehat, pada Senin (16/3/2020).

Uji coba fase pertama itu dimaksudkan untuk memberikan kepastian bahwa kandidat vaksin itu aman dan memberikan respons yang diinginkan dari sistem imunitas partisipan.

“Mencari vaksin yang aman dan efektif untuk mencegah infeksi (virus corona) adalah prioritas kesehatan publik yang mendesak,” kata Direktur NIAID Anthony Fauci dalam pernyataannya yang dikutip dari CNN, Selasa (17/3/2020).

“Penelitian fase 1, diluncurkan dalam perekaman yang cepat, ini adalah sebuah langkah pertama yang penting untuk mencapai tujuan tersebut,” imbuhnya

Untuk diketahui berdasarkan data Coronavirus Covid-19 Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University, hingga saat ini sudah 198 ribu orang di dunia yang terinfeksi corona, hampir 8 ribu meninggal dunia dan 81 ribu berhasil dipulihkan. (Azis/Red).

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru