Bupati Irna Klaim Komitmen Jadikan Pandeglang Sentra Porang

Porang Pandeglang

Bupati Pandeglang Irna Narulita meninjau pabrik pengolahan Porang di Panimbang. (Istimewa)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengklaim, pihaknya berkomitmen menjadikan Pandeglang sebagai sentra budi daya Porang.

“Kami sudah melakukan peninjauan pabrik pengolahan porang ini, mulai dari pelaksanaan pembangunan hingga bagaimana proses pengolahanya,” kata Irna saat meninjau pabrik pengolahan Porang di Desa Mekar Sari, Kecamatan Panimbang, Selasa (21/2/2023).

Baca juga: Potensi Melimpah, Porang Kabupaten Serang Siap Ekspor

Ia menegaskan, hadirnya pabrik pengolahan porang, akan memberi harapan besar kepada para petani dalam meningkatkan ekonomi. Karena pengolahan porang ini terbentuk dari hulu hingga ke hilir.

“Dengan hadirnya pabrik pengolahan Porang ini, para petani porang yang ada di Kabupaten Pandeglang tidak lagi harus menyuplai Porang dari daerah lain. Kini kita sudah mempunyai pabrik pengolahan sendiri,“ ucap bupati.

Sementara Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pandeglang Suaedi Kurdiatna menargetkan, pabrik pengolahan Porang ini bisa menghasilkan delapan ton per hari.

Baca juga: Kian Populer, Begini Tiga Cara Mengembangbiakkan Tanaman Porang

“Dalam musim panen, Porang ini menghasilkan sekitar delapan ton perhari, dan untuk musim tanam kita bisa menghasilkan delapan ribu ton,” ujarnya.

Dia menuturkan, saat ini sudah terbentuk 25 Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk membudi dayakan Porang, yang tersebar di 14 kecamatan.

“Pabrik pengolahan porang ini sudah siap dioperasikan, dan kami sudah membentuk 25 IKM untuk budi daya porang ini,” kata dia. (Ahmad)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru