Besok, Ratusan Calon Panwascam di Pandeglang Akan Dites

Tes PPK

Ilustrasi peserta seleksi Panwascam sedang menjalani tes CAT. (Antara/Henry Purba)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang akan menggelar tes tertulis dalam bentuk Computer Assisted Test (CAT), bagi ratusan calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Ratusan calon Panwascam itu disiapkan untuk mengawal jalannya Pilkada Pandeglang tahun 2024.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang, Febri Setiadi mengatakan, ada 157 peserta yang akan mengikuti tes itu. Mereka berasal dari 23 kecamatan yang kekurangan petugas Panwascam. Tes rencananya akan dilangsungkan pada 14 Mei 2024 yang dipusatkan di SMKN 1 Pandeglang.

Baca Juga : Pastikan Logistik Aman, Polda Banten Tinjau Gudang PPK Pandeglang

“(Ratusan peserta) itu di 23 Kecamatan yang kosong. Kita membutuhkan 27 orang karena memang di tiap-tiap kecamatan itu ada yang 3, ada yang 2, dan ada yang 1. Kebanyakan sih memang 1,” katanya saat ditemui RRI di Kantor Bawaslu Pandeglang, Senin (13/5/2024).

Sebelumnya, Bawaslu sudah menetapkan 78 anggota Panwascam existing yang lolos dari jalur evaluasi kinerja. Untuk memenuhi kebutuhan anggota Panwascam sebanyak 105 orang untuk di 35 kecamatan, maka nantinya Bawaslu akan mengambil 27 peserta terbaik untuk menjadi pengawas dalam Pilkada Serentak.

Baca Juga : PPK Cadasari : Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 Aman dan Lancar

“Kita persiapan untuk tes tulisnya mungkin besok di tanggal 14. itu nanti teman-teman calon anggota panwascam yang nanti ikut itu melalui proses CAT. Jadi CAT-nya ini langsung dari Bawaslu RI untuk soalnya, dan servernya juga itu langsung dari Bawaslu RI,” ucap dia.

Dia memastikan setiap kecamatan sudah memenuhi kuota perempuan yang ditetapkan sebesar 30 persen dari jumlah pendaftar. Ratusan pendaftar ini mayoritas dari kalangan anak muda, dengan rentang usia 21-25 tahun.

“Kemarin memang kita ada perpanjangan masa pendaftaran karena ada beberapa kecamatan yang kekurangan kuota Perempuan. Seperti di Kecamatan Cikedal, Karangtanjung, Picung, Saketi, Sobang, dan Sumur,” jelas dia.

Baca Juga : Bawaslu Pandeglang Mulai Buka Rekrutmen Panwascam Existing, Apa Aja Syaratnya?

Febri mengungkapkan, tes itu akan dimulai pukul 09.00 sampai 11.15 WIB. Setelah menjalani tes CAT, hasil pengumumannya akan dirilis pada 17 Mei 2024. Kemudian peserta yang lolos, akan menjalani tes terakhir, yakni tes wawancara pada 18-20 Mei 2024. Sementara penetapan Panwascam terpilih, dilakukan pada 25 Mei 2024.

“Untuk teknis kebetulan kita bagi karena memang di SMKN 1 Pandeglang itu ada 7 lab, paling nanti lab satu beberapa kecamatan nanti masuk ke situ, lap 2 juga, jadinya kita bagi. Sesinya cuma ada 1 tapi dilakukan serentak,” kata Febri. (Ahmad)

Berita Terkait