Ujung Kulon Mendadak Tutup, Pemandu Wisata Pasrah

Suasana Pulau Peucang, Ujung Kulon (Foto. Dok. Bingar)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Bagi wisatawan yang ingin menikmati panorama alam di Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang mungkin anda harus menunda dulu niatnya. Karena Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) untuk sementara ini menutup semua destinasi wisata yang biasa di kunjungi wisatawan di Ujung Kulon.

Hal itu di ketahui melalui Surat Edaran yang dikeluarkan oleh BTNUK dengan nomor : SE 05/T. 12/TU/PE/03/2020. Dalam surat itu menyebutkan, seluruh objek wisata di kawasan ujung kulon terhitung tanggal 18 Maret Pukul 18:00 ditutup sampai waktu yang tidak ditentukan.

Humas BTNUK, Andri Firmansyah membenarkan bahwa aktivitas wisata di Ujung Kulon ditutup, hal ini untuk mengantisipasi dan kesiapsiagaan pencegahan Virus Corona atau Covid-19.

“Penutupan sementara kawasan TNUK untuk menindak lanjuti surat edaran Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang pencegahan Virus Corona,” kata Andri saat dihubungi melalui sambungan telpon, Rabu (18/3/2020).

Menurut Andri, pihaknya akan terus melakukan evaluasi untuk mengambil kebijakan lebih lanjut dengan memperhatikan penyebaran Virus Corona kedepan.

“Dan kita lihat juga 14 hari kedepan kalau instruksi dari pusat masa perpanjangan penutupan ditambah ya kita ikuti,” tegasnya.

Sementara salah satu guide atau pemandu wisata lokal di Pandeglang, Hudan Zulkarnain mengaku, terpaksa membatalkan booking dari wisatawan yang akan berkunjung ke Ujung Kulon, untuk menjaga keselamatan dari wabah mematikan itu.

“Dengan penutupan sementara kawasan TNUK ini saya sih pasrah, mau di apakan lagi kita ikut kebijakan saja,” katanya.

Ketua Pokdarwis Kabupaten Pandeglang itu berharap agar Virus yang berasal dari negara China ini segera teratasi dengan cepat, sehingga roda kehidupan dari segala sektor kembali normal.

“Sebagai pelaku wisata kami berharap agar Virus ini segera teratasi, agar tempat wisata khusunya TNUK segera buka dan tidak ada perpanjangan lagi,” harapnya, (Deden/Red)

Berita Terkait