110 Warga Kota Tangerang Sudah Lakukan Donor Darah Plasma Konvalesen

Donor Plasma Konvalesen

250 Kantong Darah Plasma Konvalesen Sudah Disalurkan ke Rumah Sakit. (ANTARA/Zabur Karuru).

TANGERANG, BINGAR.ID – Sebanyak 110 orang di Kota Tangerang dikabarkan sudah melakukan donor darah plasma konvalesen untuk proses penyembuhan pasien Covid-19.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang memprediksi, jumlah tersebut akan terus bertambah seiring sosialisasi yang gencar dilakukan PMI untuk mengajak warga melakukan donor darah plasma konvalesen.

Baca juga: Terapi Donor Plasma Konvalesen Pasien Covid-19 Dapat Diakses Melalui PMI

“Sementara itu untuk data pelayanan plasma konvalesen sampai tanggal 26 Januari 2021 di UTD PMI Kota Tangerang tercatat ada 142 antrean atau permintaan dari rumah sakit dengan rincian 44 kantong darah golongan A, 37 kantong golongan B, 41 kantong golongan O dan 20 kantong golongan AB,” beber Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang, Ade Kurniawan seperti yang dilansir dari Antara, Rabu (27/1/2021).

Dia juga menyebut, sebanyak 250 kantong darah plasma konvalesen dari PMI sudah disalurkan kesejumlah Rumah Sakit (RS) di Kota Tangerang yang menangani pasien positif Covid-19 dalam rangka membantu proses penyembuhan.

“Sudah 250 kantong yang kita distribusikan ke rumah sakit terkait pemohonan darah plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan pasien positif Covid-19,” katanya.

Baca juga: Stok Darah di PMI Pandeglang Kritis

Sementara untuk data stok yang ada saat ini di UTD PMI Kota Tangerang adalah 22 kantong dengan rincian 10 kantong golongan A, sembilan kantong golongan B, tiga kantong golongan O.

“Kemungkinan hari ini kita sampaikan kepada Rumah Sakit yang mengajukan permintaan stok tersebut,” ujarnya.
Lalu untuk permintaan yang telah terlayani atau terdistribusikan ke Rumah Sakit adalah 63 kantong golongan A, 56 kantong golongan B, 118 golongan O dan 13 kantong golongan AB.

Perlu diketahui PMI Kota Tangerang sudah memenuhi standar untuk memproduksi plasma darah konvalesen setelah Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Tangerang mendapatkan sertifikat kelayakan pengolahan darah dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga: Kesadaran Masyarakat Pandeglang Mendonorkan Darahnya Masih Rendah

Kepala UDD PMI Kota Tangerang dr. David H Sidabutar menambahkan warga yang hendak mendonorkan plasma darahnya dibuka setiap hari. Layanan dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB.

David mengaku PMI Kota Tangerang siap menerima berapapun pendonor plasma darah yang ada. “Kalau untuk pendistribusiannya sendiri, itu akan berlangsung selama 24 jam bila ada yang meminta,” kata dia. (Sajid/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru