Waspada! Pandeglang, Lebak, dan Cilegon Berpotensi Banjir saat Lebaran Iduladha

Iduladha Banjir

Kabupaten Pandeglang, Lebak, dan Kota Cilegon patut mewaspadai banjir lokal pada Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah. (Dok. Tagana)

SERANG, BINGAR.ID – Tiga wilayah di Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang, Lebak, dan Kota Cilegon, diprediksi akan diguyur hujan lebat tepat pada Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah.

Di Kabupaten Pandeglang, kawasan yang berpotensi hujan lebat meliputi Angsana, Cibaliung, Cibitung, Cigeulis, Cikeusik, Cimanggu, Munjul, Sobang, dan Sumur.

Sementara di Lebak kawasan yang berpotensi hujan lebat adalah Kecamatan Bayah, Bojongmanik, Cibeber, Cigemblong, Cihara, Cijaku, Cilograng, Cimarga, Cipanas, Cirinten, Lebakgedong, Leuwidamar, Malingping, Muncang, Panggarangan, Sobang, dan Wanassalam

Adapun di Kota Cilegon kawasan yang berpotensi diguyur hujan lebat adalah Kecamatan Cilegon, Citangkil, Cibeber, Ciwandan, Grogol, Jombang, Pulomerak, dan Puwarkarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menilai, potensi hujan lebat itu dapat mengakibatkan

banjir lokal yang disebabkan air sungai meluap, dataran rendah, persawahan, dan jembatan.

“Di daerah-daerah itu harus waspada,” Kepala BMKG Wilayah II Tangsel Hendro Nugroho, Senin (19/7/2021).

Dia mengaku sudah menginformasikan potensi itu kepada pihak terkait agar menyebarluaskan kepada komunitas maupun warga untuk bisa melakukan antisipasi.

“Kami minta kepada BPPD agar meningkatkan kewaspadaan dan koordinasi. Juga perlu memonitor langsung ke lapangan dan menyiapkan peralatan dan personel,” jelasnya. (Ahmad/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru