Tip Bangunkan Anak yang Sulit Bangun Sahur

Ilustrasi anak yang susah bangun sahur (Foto: Pinterest).

BINGAR.ID – Saat anak-anak bersemangat untuk belajar berpuasa pada bulan suci Ramadan, namun terkadang kecil sulit sekali dibangunkan ketika sahur.

Semua itu memang kebutuhan biologis tidur anak-anak lebih besar. Itu artinya, wajar jika anak susah bangun saat sahur. Khusus untuk puasa dan sahur.

Bagi orang tua yang kesulitan membangun si buah hatinya saat hendak sahur bisa mengikuti beberapa tip Psikolog Anak, Irma Gustiana, M. Psi., Psi., Irma memberikan beberapa tip yang dapat diterapkan orang tua pada si kecil di rumah.

Ini dia empat tip yang dapat dilakukan:

1. Jelaskan makna puasa
Irma menjelaskan, sebenarnya mengenalkan makna puasa bisa dimulai pada anak usia sekitar 3-5 tahun. Di usia itu, anak-anak sudah mulai mengerti tentang konsep tidak makan dan tidak minum. Tapi sebaiknya, Anda memberikan informasi tersebut sejak jauh hari atau beberapa hari sebelum puasa Ramadan tiba.

Jika sudah memasuki bulan puasa seperti pada saat ini, tak ada salahnya juga untuk memberikan edukasi itu lagi pada anak, tentang tidur malam harus jam berapa, bangun sahur harus jam berapa, dan kapan waktunya berbuka puasa.

2. Tidur lebih cepat
Jika biasanya mungkin anak Anda tidur pukul 9 malam, Anda bisa mempercepat waktunya setengah jam, misalnya. Tujuannya agar ia tak susah dibangunkan pada saat sahur. Sebab, kemungkinan besar anak akan susah bangun jika ia tidur terlalu malam.

“Jelaskan pada anak kalau bulan Ramadan itu, kita tidurnya lebih cepat ya, nak. Karena kita nanti pukul 4 mesti bangun. Kemudian, kita setting sebelum puasa untuk anak tidur lebih awal,” kata founder dari Ruang Tumbuh tersebut itu.

3. Komunikasikan dengan bahasa yang sederhana
Sebelum beranjak tidur, coba ajak anak untuk komunikasi. Buatlah perjanjian terlebih dulu dengan dirinya. Katakan padanya jika Anda akan membangunkan si kecil saat sahur. Bicarakanlah hal tersebut dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti anak.

4. Masak makanan kesukaan anak
Sebelum tidur, jangan lupa untuk katakan pada anak bahwa ketika sahur Anda akan memasak makanan favoritnya. Ya, cara ini dinilai ampuh agar anak semangat bangun saat sahur. Di samping itu, dalam makanan yang akan Anda masak, pastikan nutrisinya juga tetap diperhatikan.

Namun, jika empat cara tersebut tak ada yang ampuh dan anak susah bangun, yang perlu diingat adalah jangan pernah memaksakannya. Apalagi jika ia masih balita yang dalam Islam belum diwajibkan untuk berpuasa. (*Azis/Red).

Berita Terkait

No Content Available

Berita Terkait

No Content Available

Berita Terbaru