Tingkatkan Potensi Tangkapan Ikan, Pelabuhan Binuangeun Akan Dikembangkan

Pelabuhan Binuangeun

Pengembangan itu diinisiasi dalam rangka meningkatkan potensi, sarana dan prasarana logistik serta pemasaran produksi kelautan dan perikanan. (Istimewa)

SERANG, BINGAR.ID – Pelabuhan Perikanan Binuangeun, Lebak rencananya akan dilakukan pengembangan pada tahun ini dengan membangun sejumlah sarana seperti pemagaran lahan, docking, breakwater, rehab lapak, dan kios.

Pengembangan itu diinisiasi dalam rangka meningkatkan potensi, sarana dan prasarana logistik serta pemasaran produksi kelautan dan perikanan.

Baca juga: Tak Terawat, Fasilitas di TPI Higienis Binuangeun Banyak yang Rusak

Kepala Bidang Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten, Yudi Hermawan mengatakan, pihaknya akan fokus meningkatkan pengembangan Pelabuhan Perikanan Binuangeun.

“Tahun ini kami konsen terhadap Pengembangan Pelabuhan Binuangeun. Binuangeun ini potensinya luar biasa ya. Artinya jika hasil nelayan cukup baik, maka segala sarana dan prasarananya juga harus bisa memadai,” ujar dia ketika dikonfirmasi, Jumat (5/2/2021).

Baca juga: Sungai Cibinuangeun Tempat yang Pas Untuk Memancing Ikan Sambil Ngabuburit

“Jika pembangunannya dapat menunjang para nelayan, tidak menutup kemungkinan juga hasil yang tangkap para nelayan disini (Pelabuhan Binuangeun-Red) pasti akan lebih baik,” sambung Yudi.

Dirinya menerangkan, Pelabuhan Binuangeun merupakan sentra perikanan yang strategis, mengingat banyaknya hasil tangkapan ikan yang mampu membantu dalam memenuhi kebutuhan kuota Ikan dalam Skala Nasional.

“Tahun ini beberapa pembangunan dipastikan akan selesai. Pembangunan ini tentu untuk kepentingan rekan-rekan nelayan di sana. Beberapa kali kami telah mensosialisasikan kepada para nelayan juga warga disana. Soal pembangunannya, tentu dalam pengembangan pembangunan Pelabuhan Binuangeun ini harus berbanding lurus dengan keinginan masyarakat, Itu kita prioritaskan,” tuturnya.

Baca juga: Akibat Luapan Kali Cibinuangeun Puluhan Rumah Di Kecamatan Malingping Terendam Banjir

Yudi meyakini, jika pengembangan Pelabuhan Binuangeun ini terlaksana, maka akan memberikan kontribusi yang besar dalam peningkatan kesejahteraan nelayan, stabilisasi harga dan suplai untuk mendukung industrialisasi hasil perikanan serta meningkatkan ketahanan pangan lokal, regional dan nasional.

“Tahun ini kami yakin, Pelabuhan Binuangeun akan menjadi lebih baik,” tutupnya. (Ahmad/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru