Terdengar Dentuman di Jabodetabek Diduga Dari Letusan Gunung Anak Krakatau

Terdengar Dentuman di Jabodetabek Diduga Dari Letusan Gunung Anak Krakatau

SERANG, BINGAR.ID – Suara dentuman keras terdengar di wilayah Jakarta, Bogor dan Depok pada Sabtu (11/4) dini hari. Banyak netizen beranggapan bahwa suara dentuman itu berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau (GAK), Jumat (10/4) malam.

“Dentuman terdengar sampai Cibinong-Bogor,” kata Maulana Putra melalui kolom komentar di akun youtube Bingar.id

Netizen yang mengaku asal Cibubur sebelumnya mengira bahwa dentuman itu berasal dari suara gluduk. Namun setelah mengetahui GAK meletus, dia langsung berdoa.

“Sampai Cibubur, gw pikir suara gluduk, ternyata suara Gunung Anak Krakatau lagi meletus. Ya allah mudah-mudahan gak terjadi apa-apa,” tulisnya.

Baca Juga : Gunung Anak Krakatau Kembali Meletus Malam Ini

Namun, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) membantah bahwa suara dentuman tersebut berasal dari erupsi GAK.

“Bukan (berasal dari Anak Krakatau), karena letusannya dikategorikan miskin akan gas, lebih bersifat aliran,” kata Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan, saat dihubungi detikcom, Sabtu (11/4/2020).

Baca Juga : GAK Kembali Meletus Warga Pandeglang dan Serang Panik

Menurut Hendra, tidak terdengar bunyi letusan dari Gunung Anak Krakatau sejak semalam. Letusan Gunung Anak Krakatau ini dinilai Hendra relative kecil.

“Saya sudah cek ke Pos Penganatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita, tidak terdengar bunyi letusan sejak kemarin malam. Karena memang letusannya relatif kecil (tinggi letusan 600-an meter dari muka air laut),” pungkasnya. (Fauzan/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru