RSDP Serang Tambah 40 Ruangan Isolasi untuk Antisipasi Omicron

RSDP Omicron

Antisipasi lonjakan Omicron, RSDP Serang tambah 40 ruang isolasi. (Istimewa)

SERANG, BINGAR.ID – Meningkatnya tren Omicron dalam beberapa waktu terakhir, mendorong Rumah Sakit Drajat Prawiranegara (RSDP) Serang untuk menambah ruangan isolasi, ICU, perawatan ibu dan anak serta ruang operasi.

Apalagi selama tahun 2020 dan 2021, rumah sakit plat merah itu menjadi salah satu fasilitas kesehatan rujukan bagi pasien Covid-19 di Banten.

Baca juga: Penderita Myopia Meningkat 3 Kali Lipat Selama Pandemi

“Jadi tahun 2021 sampai Agustus itu Covid menurun, September kami sudah tidak merawat lagi karena enggak ada rujukan. Tapi di Desember kemarin kita sudah mempersiapkan untuk mengantisipasi Omicron,” kata Direktur RSDP Serang, Rahmat Setiadi, Senin (24/1).

Rahmat menyebut, RSDP menambah 40 ruangan isolasi, yang meliputi ruang isolasi biasa, ICU, ruang perawatan ibu dan anak serta ruang operasi.

“Tapi alhamdulillah sekarang belum ada pasien yang di rawat. Mudahan-mudahan sih kesiapan yang disiapkan RSDP tidak terpakai, tidak ada pasien yang dirawat,” katanya.

Baca juga: Puluhan Anak di Pandeglang Menjadi Yatim Akibat Pandemi Covid-19

AdapuN perihal ketersediaan oksigen, Rahmat memastikan dapat terpenuhi, lantaran sejak tahun 2013, RSDP sudah memakai sentral liquid oksigen.

“Kesiapan-kesiapan itu jika terjadi sesuatu, kan kemarin ada kekosongan soal oksigen alhamdulillah di RSDP tidak terjadi. Kami juga ada oksigen tabung baik 6 kilogram maupun 2 kilogram, kami juga mendapat bantuan dari PT Cargill,” tutupnya.(Sajid)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru