Paska Kunjungan F-PTK ke Untirta, FKIP Akan Bentuk “UKM Core Gate”

F-PTK Banten

Koordinator F-PTK Banten Nurwarta Wiguna, saat berdiskusi tentang Terumbu Karang dengan Dosen dan guru besar dari FKIP Untirta Banten. Adytia

SERANG. BINGAR.ID – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), berencana akan membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencinta Laut yang kegiatannya akan difokuskan pada upaya pelestarian terumbu karang.

Hal itu disampaikan Wakil Dekan (WD) III FKIP Untirta, Dr. Abdul Fatah, S.Pd, M.Pd dalam diskusi bersama Koordinator Forum Pelestari Terumbu Karang (F-PTK) Banten, Jumat (05/07/2024) di Ruang Rapat Dekanat, Kampus C FKIP Untirta.

Baca Juga : Melalui Program TJSL, FPTK Berhasil Tanam 7.700 Fragmen Karang di Liwungan

“Kami menyambut baik Program Gerakan Membangun Terumbu Karang atau Gerbang Terang F-PTK Banten. Kami pun berencana akan membentuk UKM Pencinta Laut yang kegiatannya akan difokuskan pada pelestarian terumbu karang. Ini sinergis dengan program yang saat ini sedang dikawal oleh F-PTK Banten,” kata Abdul Fatah didampingi Deddy Supriyatna, Dosen Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, yang juga anggota Komunitas Renang Laut Krakatau Fin Swimming (KFS).

Baca Juga : Bersama Sejumlah Komunitas, FPTK Banten Lakukan Edukasi TERANG

Ia berharap, dalam waktu dekat ini, rencana pembentukan UKM tersebut terealisasi.

“Sumber daya untuk mendukung pembentukan UKM ini sudah tersedia dan diharapkan bisa segera terwujud,” tandasnya.

Koordinator F-PTK Banten, Nurwarta Wiguna bersama anggota, Andi Rully Pabenteng & M. Tiar Rahayu (kru transplantasi) mendukung rencana pembentukan UKM tersebut sebagai bagian dari kepedulian akademisi terhadap pelestarian lingkungan hidup, khususnya ekosistem terumbu karang.

Baca Juga : Dalam Program Konservasi Terumbu Karang, FPTK Teken Fakta Integritas

“Alhamdulillah, permohonan F-PTK Banten untuk mensosialisasikan Program Gerbang Terang direspon oleh WD III FKIP Untirta. Dan kami menyampaikan rencana program 5 tahun ke depan, yang didalamnya butuh dukungan dari kalangan akademisi. Salah satunya mengedukasi generasi muda, baik kalangan pelajar maupun mahasiswa tentang pentingnya melestarikan terumbu karang sebagai ekosistem penting di muka bumi ini. Rupanya gayung bersambut, pihak FKIP Untirta berencana membentuk UKM yang fokus pada terumbu karang nantinya,” ujarnya.

Ia berharap, kelahiran UKM yang nantinya akan diberi nama Coral Reefs Gate (Core Gate) atau Gerbang Terumbu Karang tersebut bisa disinergikan dengan Program F-PTK Banten. “Insha Allah ke depan akan banyak lagi dukungan dari semua pihak terhadap upaya pelestarian terumbu karang,” pungkasnya. (Adytia)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru