Menteri Edhy Lepas 55 Ton Rumput Laut Kabupaten Serang ke Vietnam

Menteri Edhy Lepas 55 Ton Rumput Laut Kabupaten Serang ke Vietnam

Menteri Edhy Lepas 55 Ton Rumput Laut Kabupaten Serang ke Vietnam (Istimewa)

SERANG, BINGAR.ID – Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo melepas 55 ton rumput laut hasil budidaya petani di Kabupaten Serang ke Vietnam.

“Alhamdulillah, Ibu seneng banget. Di tengah kesulitan ekonomi seperti saat ini, nelayan rumput laut kita bisa ekspor. Ekspor dilepas langsung Bpk Menteri Kelautan dan Perikanan (Edy Prabowo)” ujar Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah melalui instagram resminya, Sabtu (25/4/2020).

Bupati menerangkan, 55 ton rumput laut itu dikemas dalam dua kontainer. Rumput laut yang diekspor itu adalah jenis euchema spinusum yang benihnya didapat dari Kepulauan Seribu. Tatu menyebut, belum banyak yang membudidayakan jenis tersebut.

“Kedepan akan mensosialisasikan untuk membudidayakan jenis tersebut,” katanya.

Tatu menjelaskan potensi lahan Kabupaten Serang untuk budidaya rumput laut ada 4.000 hektar, namun baru digarap 2.000 hektar oleh 400 orang pembudidaya, yang tergabung dalam 40 kelompok pembudidaya rumput laut.

Dimana rumput laut yang dibudidaya adalah mayoritas budidaya rumput laut jenis euchema cottoni. Produksi tercatat di DKPP tahun 2019 sebanyak 20.000 ton basah atau 2.000 ton kering

“Sementara kebutuhan Vietnam sebanyak 3.000 ton. Indonesia baru bisa mengekspor 300 ton, jadi peluang pasar masih sangat terbuka,” ujar bupati. (Ahmad/Red).

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru