Mengenal “Angeun Lada” Warisan Budaya dari Pandeglang

Angeun Lada Khas Pandeglang (Istimewa)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Kabupaten Pandeglang tak hanya dikenal sebagai daerah wisata. Tetapi memiliki sejumlah kuliner yang tak boleh dilewatkan oleh pelancong saat berkunjung ke Pandeglang.

Salah satu kuliner yang tidak boleh dilewatkan adalah Angeun lada. Kuliner yang satu ini sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda sejak 2016 lalu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sebagai informasi, warisan budaya tak benda ini termasuk tradisi, seni pertunjukan, ekspresi lisan (misalnya bahasa pengetahuan, ketrampilan, alat-alat, praktek, benda alamiah, dan artefak).

Angeun lada merupakan sayur dengan cita rasa yang pedas. Kuliner ini terdiri dari babat sapi, daging sapi atau daging kambing, dengan campuran sayur. Sedangkan, Angeun sendiri berasal dari kata sayur, dan lada yang berarti pedas.

Kuliner ini bahan baku utamanya berupa daun khas bernama daun walang, yang memiliki aroma yang sangat menyengat seperti hewan walang sangit. Sebagai pelengkap, disertakan juga bumbu-bumbu, seperti bawang merah, kemiri, bawang putih, dan kencur.

Tampilan angeun lada memang terasa pedas dengan dominasi warna merah. Wangi walang langsung menyengat begitu sayur ini disajikan di atas mangkuk.

Aroma walang tersebut juga langsung terasa begitu mencicipi suapan pertama angeun lada. Sedikit aneh, mungkin begitu hal pertama yang dirasakan bagi orang-orang yang baru mencoba angeun lada.

Meskipun demikian, aroma dan rasa walang tak terlalu menyengat begitu dimakan bersama daging sapi. Rasa pedas juga tak terlalu kuat, tetapi tetap terasa gurih. Angeun lada itu khasnya dari daun walang. Jadi, buat orang yang baru pertama kali makan pasti merasa aneh, karena rasa dan aromanya seperti walang sangit.

Biasanya, angeun lada dimakan bersama nasi atau ketupat. Sayur ini banyak digunakan masyarakat Banten sebagai hidangan wajib pada perayaan-perayaan besar, seperti Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha. Selain itu, angeun lada juga biasa disajikan sebagai suguhan saat acara keluarga.

Untuk yang penasaran dan ingin mencicipi angeun lada, salah satu tempat makan yang bisa kamu datangi adalah Warung Cep Udin, yang berada di Lapangan Sukarela Pandeglang. Terletak di Jl. Curug Sawer, Pandeglang. (Fatwan/Red)

Berita Terkait

No Content Available

Berita Terkait

No Content Available

Berita Terbaru