Jelang Musim Mudik Lebaran 1444 H, Relawan Terpadu Buka Posko Mudik

Para Relawan Terpadu se Provinsi Banten, saat gelar apel siaga persiapan membuka Posko Mudik Lebaran 1444 H di wilayah Kota Serang. Istimewa

SERANG, BINGAR.ID – Jelang musim mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 H (2023 M), Relawan Terpadu se Provinsi Banten, membuka Posko Mudik Lebaran pada Minggu 9 April 2023 di Lapangan Kantor Bulog Cabang Serang, atau tepatnya di Jalan Raya Serang-Cilegon, Kelurahan Drangong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang Banten.

Lulu Jamaludin selaku Koordinator Relawan Terpadu saat memimpin apel siaga di Lokasi Posko Mudik Lapangan mengatakan, bahwa gelombang pemudik di tahun 2023 ini, diprediksi sebanyak 4,4 Juta pemudik, dari arah Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Dimana Kota Serang otomatis akan menjadi gerbang lintas para pemudik tersebut.

Baca Juga : Puncak Arus Mudik di Tol Serang-Panimbang Diprediksi H-1

“Di Posko Mudik Lebaran tahun 2023 ini, para Relawan Terpadu berinisiasi membantu kelancaran dan akan memberikan fasilitas tes pemeriksaaan kesehatan gratis, khususnya bagi para pemudik pengguna sepeda motor. Selain itu, di posko kami juga tersedia toilet, parkir, tempat istirahat dan kopi gratis,” Ungkapnya.

Dikatakannya juga, Posko Mudik Lebaran dibuka H-10 hingga H+7 Idul Fitri 1444 H serta para Relawan Terpadu menyiapkan sejumlah unit ambulan dan obat-obatan. Dan selain itu pun, pihaknya pun membuka pintu bekerjasama jika ada Lembaga/Organisasi/masyarakat/relawan lainnya yang ingin bergabung.

“Posko mudik Lebaran dibuka H-10 hingga H+7, kami juga akan menyediakan beberapa unit ambulan dan obat-obatan, sera kami juga terbuka untuk berbagai pihak jika ingin bergabung di posko mudik lebaran,” imbuhnya.

Baca Juga : Hadapi Kepadatan Arus Mudik, PT. ASDP Siapkan Tiga Skenario

Dilokasi yang sama, Heri Hardiansyah anggota Himpunan Putra Putri Angkatan Darat (HIPAKAD) berharap masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dapat terbantu dengan adanya posko ini.

“Harapan kami para pemudik bisa terbantu dgn adanya posko ini dan tentunya kami dari HIPAKAD akan berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi para pemudik,” timpal Heri.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT), jumlah pergerakan masyarakat saat musim mudik Lebaran 2023 diprediksi mencapai 123,8 juta orang. Adapun puncak Lebaran tahun ini diprediksi terjadi pada Jumat, 21 April 2023.

Baca Juga : Ini Lokasi Rawan Macet dan Kecelakaan di Banten saat Arus Mudik

Peningkatan perjalanan pada arus mudik diprediksi mulai meningkat sejak H-3 Lebaran (Rabu, 19 April 2023). Untuk puncak arus balik, diperkirakan terjadi pada H+2 (Selasa, 25 April 2023) dan diprediksi pergerakan yang masih cukup tinggi hingga H+3 (Rabu 26 April 2023)

Untuk saat ini, sudah terdapat beberapa lembaga yang bergabung dengan Relawan terpadu dalam membuka posko Mudik Lebaran seperti Fesbuk Banten News (FBN), Bulog Sub Divre Serang, TIM SAR Basarnas Banten, Vertical Rescue, Paguyuban Warga Pandeglang (Padakpa), Komunitas Pendaki Gunung Banten, Forum Me-Dan, Komunitas Banten Ceria, Komunitas Bahasa Jawa Serang (BJS), Himpunan Putera Puteri Angkatan Darat (Hipakad), Sedekah Terbuka (ST),Siaga Bencana (Sigab) Persis Banten, Tagana Banten, Tim Reaksi Cepat (TRC) Banten , ROSI Banten, Medical Volunteer, Program Keluarga Harapan (PKH) Wilayah Banten. (Sajid)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru