Jalan Penghubung Antar Provinsi di Lebak Amblas

Jalan amblas

Salah seorang petugas BPBD dari Kecamatan Bayah, bersama muspika Kecamatan Bayah, saat meninjau lokasi jalan amblas di Kampung Pasir Angin, Desa Suakan, Kecamatan Bayah. Istimewa

LEBAK, BINGAR.ID –Jalan penghubung antar kabupaten antar provinsi yang ada di Kabupaten Lebak, atau tepatnya di Kampung Pasir Angin, Desa Suakan, Kecamatan Bayah, amblas sedalam kurang lebih 70 centimeter dengan panjang sekitar 30 meter.

Peristiwa ambalsnya jalan yang menghubungkan Kabupaten Lebak, Banten dengan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tersebut, terjadi pada Kamis (3/3/2022) sore. Meskipun pada kejadian amblasnya jalan tidak sampai menimbulkan korban jiwa, akan tetapi berdampak pada kelancaran arus lalu-lintas di jalur itu.

Baca Juga : Jalan di Banjarsari Amblas, Nyawa Pengguna Jalan Terancam

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dari Kecamatan Bayah, Gagan mengatakan, bahwa amblasnya jalan Bayah – Cikotok diduga akibat curah hujan yang tinggi yang terjadi beberapa hari terakhir di wilayah Kecamatan Bayah.

“Masih bisa di leweti, tapi harus ekstra hati-hati. Karena, amblasnya jalan tersebut memotong badan jalan,” kata Gagan saat dihubungi melalui telepon selulernya oleh Satelitnews, Jumat (4/2/2022).

Tidak ada korban jiwa namun akibat insiden tersebut arus lalulintas sedikit mengalami kendala dan harus berhati-hati saat melintasinya. Sebab menurut Gagan, kedalaman amblasnya jalan yang menghubungkan Kabupaten Lebak – Sukabumi Jawa Barat itu kurang lebih mencapai 70 centimeter.

Baca Juga : Hujan Deras Akibatkan Ruas Jalan Rangkasbitung-Leuwidamar Amblas

“Pasca kejadian ini (jalan amblas) kita sudah berkoordinasi, bahkan kata pak Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Banten selaku pengawasannya. Infonya hari ini juga akan segera dilakukan perbaikan. Nanti di kabarin lagi kalau alat beratnya sudah datang ke lokasi,” imbuhnya.

Saat disinggung, selain jalan Bayah – Cikotok ada akses lain? Kata Gagan untuk akses menuju Sukabumi itu cukup banyak, karena akses ini bukan satu-satunya.

“Alternatif lainnya juga banyak, bisa arah Bayah-Cisolok atau Bayah – Cibareno. Kalau ini (Bayah-Cikotok) merupakan akses pertama, kalau sekarang mah udah banyak akses ke Sukabiminya,” tandasnya.

Baca Juga : Kesal Tak Kunjung Dibangun, Warga Jual Jalan Airjeruk-Cegog di Tokopedia Seharga Rp33.000

Sementara Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Unit Pelaksana Teknis Daerah (ULTD) Pemeliharan jalan dan Jembatan Lebak Firman Zuliansyah saat dihubungi melalui telepon selulernya membenarkan adanya jalan retak di Kecamatan Bayah.

“Betul jalan Bayah – Cikotok amblas, itu lokasinya di kilometer 9.025 Bayah Timur. Kita terjunkan alat berat ke lokasi untuk memperbaiki jalan tersebut. Kepada pengendara untuk selalu berhati-hati saat melintasinya,” pungkasnya. (Candra Dewi)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru