Dianggap Berhasil, Partisipasi Tinggi Pilkada Serentak di Banten Harus Diriset

Komisi II DPR RI

Anggota Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera. (Istimewa)

JAKARTA, BINGAR.ID – Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera mengungkapkan rasa penasarannya terhadap pencapaian tingkat partisipasi pemilih di Banten yang bisa mencapai 67 persen partisipan, dari target 75 persen.

Ia pun mendorong KPU dan Bawaslu pusat untuk segera melakukan riset mengenai apa yang membuat tingkat partisipasi di Banten begitu tinggi.

Baca juga: Pengawas Diminta Tuliskan Pengalaman Awasi Pilkada 2020

Bukan tanpa alasan, hasil dari riset tersebut menurutnya sangat penting bagi keberlangsungan pemilihan-pemilihan pemimpin Indonesia ke depan. Menurutnya, dengan adanya tingkat pastisipasi yang tinggi berarti kecerdasan dan kesadaran masyarakat dalam berkesempatan memilih pemimpin terbaiknya sudah lebih tinggi.

“Selama ini kami pikir kalau di kota partisipasi lebih tinggi dari kabupaten. Ternyata kita melihat tidak seperti itu. Jadi ini sangat penting untuk memetakan agar ke depan upaya kita melakukan sosialisasi, edukasi, dan literasi kepemiluan menjadi lebih efektif dengan dana yang ada. Karena mahal ini, kita di masa pandemi berhasil melakukan prestasi luar biasa itu,” saran Politisi Fraksi PKS tersebut seperti yang dilansir dari laman DPR RI, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: RUU Pemilu, Pilkada Serentak Kembali Digelar 2022 dan 2023

Lebih dari itu, Anggota Komisi II lainnya dari Fraksi Golkar Bambang Pattidjaya pun mendukung adanya anggaran tambahan pada kementerian guna mendukung riset, serta anggaran sosialisasi pada daerah.

“Penting harus disampaikan untuk dana riset dan sosialisasi di daerah, ada baiknya nanti kita lanjutkan pembahasan di DPR untuk mendukung penuh anggaran tersebut,” jelas Bambang. (Ahmad/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru