Dekan FHS Unma Terkesan dengan Pameran Budaya Mahasiswa Ikom

Pameran Budaya Mahasiswa Ikom

Mahasiswa Ilmu Komunikasi menggelar pameran budaya Indonesia di gedung Fakultas Hukum dan Sosial Unma Banten. (Istimewa)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Para mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ikom) yang tergabung dalam semester 2 dan 8 menggelar kegiatan pameran budaya di gedung Fakultas Hukum dan Sosial (FHS) Unma Banten, Selasa (21/6/2022) kemarin.

Pemeran tersebut dilaksanakan dalam rangka mempertajam pemahaman mahasiswa terhadap budaya yang ada di Indonesia. Apalagi di tengah perkembangan teknologi, secara tidak sadar kebudayaan Indonesia akan terdegradasi bahkan mulai hilang.

“Ini memang bagian dari penyelesaian tugas kulian Antropologi Budaya, tapi lebih dari itu pemahaman mahasiswa terhadap budaya akan bertambah,” kata Ketua Pelaksana Kegiatan Pameran Budaya Muhamad Haerul Kodar.

Baca juga: Kemenag Kembali Ringankan Biaya UKT Mahasiswa PTKN TA 2021/2022

Ada 13 kebudayaan dari berbagai daerah yang dipamerkan dalam bentuk poster, meliputi Suku Wana, Toraja, Baduy, Dayak, Jawa, Sunda, Banjar, Batak, Wakatobi, Morotai, Bajo, Ende, dan Suku Asmat.

“Tiga belas suku ini kita buat poster dan kita catak berikut deskripsnya, selanjutnya mahasiswa menjelaskan masing-masing suku kepada Pak Dekan,” imbuhnya.

Untuk membiayai pameran tersebut, Haerul mengaku dia bersama rekan-rekan melakukan urun dana.

“Alhamdulillah hasil iuran kami kurang lebih terkumpul Rp1 juta, itu kita gunakan untuk pelaksanaan pemeran budaya dari mulai cetak poster hingga kebutuhan lainnya,” tandasnya.

Pameran budaya mendapat apresiasi dari Dekan Fakultas Hukum dan Sosial (FHS) Holil. Dia mengaku terkesan dengan semangat mahasiswa Ikom untuk menyukseskan acara tersebut. Mengingat acara tersebut tanpa dukungan anggaran dari pihak kampus.

Baca juga: Skema KIP Kuliah Berubah, Mahasiswa Bisa Dapat Bantuan Rp12 Juta

“Kami sangat kaget saat mendapat undangan membuka acara pemeran budaya, tentu ini sangat kami apresiasi karena dengan swadaya mahasiswa kegiatan bisa berjalan,” sanjungnya.

Selain itu, iapun mengapresiasi karena para mahasiswa Ilmu Komuikasi termasuk mahasiswa yang kreatif. Hal ini kata Holil dilihat dari intensitas kegiatan yang dilaksanakan.

“Mahasiswa Ilmu Komunikasi paling banyak melaksanakan kegiatan, ini menunjukan kreatifitas mereka sangat tinggi, semoga bisa diikuti oleh mahasiswa lainnya khususnya FHS Unma,” tutupnya. (Chandra Dewi)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru