Cara Buat Es Cendol Dawet Untuk Menu Buka Puasa

Cara Buat Es Cendol Dawet Untuk Menu Buka Puasa

Ilustrasi Es Cendol Dawet (Foto: Kaskus)

BINGAR.ID – Berbuka puasa merupakan saat yang paling ditunggu saat berpuasa. Banyak keluarga biasanya menyajikan sajian spesial untuk berbuka, terutama pada hari pertama puasa.

Salah satu menu yang paling diincar adalah es. Karena es bisa menyegarkan tubuh setelah seharian berpuasa.

Nah, salah satu es yang bisa menjadi pilihan dalam menu berbuka puasa keluarga Anda adalah es cendol dawet. Minuman tradisional ini, tidak cuma menyegarkan tetapi memiliki aroma yang khas.

Proses pembuatannya juga terbilang mudah, lho. Es cendol dawet ini memakai bahan alami tanpa pewarna buatan. Yang dipakai adalah Daun Suji. Jadi lebih kaya nutrisi serta aman dikonsumsi.

Berikut bahan-bahan yang disajikan untuk membuat cendol dawet untuk porsi 10 mangkuk atau 1 panci besar. Adapun lama memasaknya diperkirakan hanya 45 menit.

A. Bahan Cendol
1 Ikat Daun Suji.
150 Gram / 10 Sdm Tepung Beras.
15 Gram / 1 Sdm Tepung Tapioka.
15 ml / 1 Sdm Air Kapur Sirih.
750 ml / 3 Gelas Air Mineral.

B. Bahan Kuah Sederhana
1500 ml / 6 Gelas Santan.
500 Gram / 30 Sdm Gula Merah.
150 Gram / 10 Sdm Gula Pasir.
4 Lembar Daun Pandan.
2 Sendok Teh Garam.

Setelah semua bahan terkumpul, ini beberapa langkah untuk memasaknya.

Langkah 1 – Buat Pewarna Hijau

Ambil daun suji, lalu gunting dan buang pangkalnya. Selanjutnya masukan dalam blender, lalu tambahkan air mineral. Blender dengan kecepatan tinggi.

Langkah 2 – Buat Adonan Cendol

Siapkan panci, masukan air daun suji yang sudah disaring, tepung beras, tepung tapioka dan air kapur sirih. Rebus dengan api sedang sambil diaduk.

Langkah 3
Terus rebus sambil diaduk hingga air kering, adonan mengental dan mulai lengket. Cukup lama, sekitar 15 ~ 20 menit. Jika sudah, matikan api.

Langkah 4 – Mencetak Cendol

Siapkan panci besar berisi air matang. Lanjut siapkan cetakan cendol, lalu cetak adonan cendol di atas panci. Lakukan sampai semua adonan habis.

Langkah 5 – Buat Kuah Sederhana

Siapkan panic dan masukan semua bahan. Gunakan api sedang, lalu rebus sambil diaduk. Lakukan hingga mendidih dan gula larut. Sajikan bersama cendol.

Bagaimana, mudah bukan? Yuk kita sajikan es cendol dawet sebagai sajian berbuka puasa bersama keluarga tercinta. (Azis/Red).

Berita Terkait

No Content Available

Berita Terkait

No Content Available

Berita Terbaru