Bedah Makna Tema dan Logo HUT Ke-76 Indonesia

Bedah Makna Tema dan Logo HUT Ke-76 Indonesia

Logo HUT Ke-76 Indonesia. (Istimewa)

BINGAR.ID – Pemerintah resmi mengumumkan logo dan tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) yang sudah diunggah oleh situs resmi Kementerian Sekretariat Negara sejak 17 Juni 2021 lalu.

Tahun ini, tema utama untuk Kemerdekaan ke-76 tahun RI sesuai yang sudah ditetapkan yaitu Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh yang mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Baca juga: Kemenparekraf Ubah Logo Promosi Wisata Selama Pandemi

Dan seperti biasanya, setiap tahun logo peringatan HUT RI selalu berbeda. Begitu pun tahun ini yang memiliki karakter logo yang cukup mencolok dan terlihat kokoh.

Dikutip dari laman indonesiabaik.id, bentuk angka ‘7’ diasosiasikan sebagai bagian dari ‘tiang pancang’ infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Bentuk itu menggambarkan ‘kepala Garuda’ yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya, bentuk angka ‘6’ diasosiasikan sebagai ‘orang dan roda yang sedang bergerak’ terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

Baca juga: Fekraf Bikin Sayembara Logo HUT Kota Serang, Hasilnya Akan “Dihibahkan” ke Pemkot

Setelah itu ada bentuk jajar genjang di angka 7 dan jajar genjang sama kaki di angka 6 yang diasosiasikan sebagai ‘ruang’ yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Terakhir, bentuk lingkaran pada angka 6 merupakan pertanda kesempurnaan yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai.

Jadi, secara umum ada 4 makna logo HUT Ke-76 Indonesia yaitu Stabilitas dan pembangunan, Gerak dan pertumbuhan, Ruang kebersamaan, dan Persatuan dan harapan. (Ahmad/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru