Bawaslu Rekomendasikan PSU di TPS 02 Desa Pasirmae Pandeglang

Diduga ada pemilih yang menggunakan hak suaranya dua kali di TPS 02 Pasirmae, Bawaslu merekomendasikan untuk dilakukan PSU. (Ahmad/Bingar)

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang merekomendasikan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 02 yang berlokasi di Desa Pasirmae, Kacamatan Cipeucang.

Rekomendasi itu diketahui dari surat Panitia Pemilihan Kecamatan Cipuecang tanggal 11 Desember 2020 dengan Nomor: 37/PPK-Cpc/XII/2020 Perihal Pemberitahuan Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang yang ditujukan kepada Ketua KPU Pandeglang.

Baca juga:43 TPS Berpotensi Dilakukan PSU, Salah Satunya di Banten

“Berdasarkan surat dari Bawaslu Kabupaten Pandeglang, Nomor 372/K.BT/Bawaslu-Pdg/XII/2020 Perihal Rekomendasi Pemungutan Suara Ulang dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pandeglang, dengan ini kami sampaikan bahwa akan dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang di TPS 2 Desa Pasirmae, Kecamatan Cipeucan,” bunyi surat tersebut yang ditandatangani Ketua PPK Cipeucang, Sumardi.

Koordinator Divisi Pengawasan pada Bawaslu Pandeglang, Karsono membenarkan adanya rekomendasi PSU di TPS 02 Desa Pasirmae, Kecamatan Cipecang. Kata dia, hal itu merupakan hasil temuan Bawaslu yang mana pada TPS tersebut diketahui ada pemilih yang menggunakan hak suaranya dua kali.

“Karena rekomendasi Bawaslu ada terjadi pelanggaran, yang menyebabkan PSU di TPS itu. Ia betul penyebabnya klausul dan di Undang-Undang 1 tahun 2015 dilaksanakan karena ada pemilih yang memilih dua kali di TPS yang sama,” ucap Karsono melalui sambungan telepon, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Ditemukan 18.668 Masalah saat Pemungutan Suara di TPS

PSU di TPS 02 Desa Pasirmae dipastikan bakal dilaksanakan pada minggu (13/12/2020).

Adapun berdasarkan informasi yang dihimpun, di TPS tersebut terdapat 454 pemilih, terdiri atas pemilih laki-laki 228 jiwa dan perempuan 226. Dari hasil penghitungan suara pada 9 Desember kemarin, Paslon 01 mendapat 305 suara dan Paslon 02 meraup 61 suara. (Syamsul/Red)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru