Akibat Angin Kencang Disertai Hujan, Rumah Warga di Mancak Alami Kerusakan

Salah satu rumah warga di Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang yang kondisinya nyaris roboh akibat terpaan angin kencang dan hujan yang mengguyur wilayah tersebut beberapa hari terakhir ini. Foto : Istimewa

SERANG, BINGAR.ID – Tiga rumah milik warga yang berada di  Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, nyaris roboh dan alami kerusakan dibenerapa sudut rumahnya, akibat terpaan angin kencang yang disertai hujan deras beberapa hari terakhir ini. Beruntung, rumah sebagian bangunannya roboh tersebut, tidak memakan korban jiwa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma mengatakan, rumah yang rusak antara lain milik Suyanto warga Kampung Libadak, RT 010, 002, Desa Mancak.

Baca Juga : Diterjang Angin Kencang, Dua Rumah di Pandeglang Tertimpa Pohon Tumbang

Rumah milik pengajar tersebut mengalami kerusakan dibagian teras samping dan gudang.”Saat Kejadian sekitar pukul 08:03 wib, pemilik rumah sedang berada di ruang tamu,” jelas Nana, Minggu (27/2/2022) kemarin.

Nana menuturkan, pemilik rumah dan masyarakat setempat langsung melakukan pembersihan puing bangunan.

“Rumah dihuni oleh empat orang jiwa, semua anggota keluarga hingga kini masih menempati rumahnya,” tuturnya.

Kemudian rumah warga lainnya yang rusak adalah milik Rohman yang beralamat di Kampung Gunung Santri RT 003, RW.003, Desa Sangiang.Rumah milik buruh harian lepas ini mengalami kerusakan dibagian atapnya usai tertimpa pohon melinjo yang tumbang disapu angin kencang.

Baca Juga : Puluhan Rumah di Labuan Terdampak Pembangunan Kotaku, Warga Minta Kompensasi

“Sejak Sabtu, (27/02) terjadi hujan dengan intensitas sedang, mengakibatkan 1 pohon (Melinjo) menimpa atap rumah warga,” kata Nana.

Dikatakan Nana pohon yang tumbang sudah dievakuasi dan atap rumah yang rusak pun sudah dapat diperbaiki.”Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” tambahnya lagi.

Selain itu rumah warga yang rusak akibat diguyur hujan disertai angin kencang juga menimpa milik Runtah (70) warga Kampung Bantarwangi, RT 01, 03 Desa Sangiang, Kecanatan Mancak. Ambruknya rumah milik buruh tani ini diduga karena sudah lapuk.

Baca Juga : Puting Beliung Terjang Pandeglang, Ratusan Rumah Rusak

“Hujan deras disertai angin kencang terjadi sekitar jam 06:00 di wilayah Kecamatan Mancak mengakibatkan salah satu rumah warga yang lapuk ambruk dan kerusakan di bagian dapur,” katanya

Namun demikian, kata Nana meskipun lapuk pemilik rumah masih tinggal dirumahnya.”Tidak ada Korban jiwa,” tutupnya. (Candra Dewi)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru