Dukung Pemanfaatan Energi Bersih, PLN Kenalkan “Renewable Energy Certificate”

PLN

PLN UID Banten, Dinas ESDM Provinsi Banten, beserta pelaku usaha bisnis dan industri berfoto bersama setelah kegiatan Bincang Santai _"Renewable Energy Certificate (REC) for Business Sustainability"_.

TANGERANG, BINGAR.ID – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten memperkenalkan Renewable Energy Certificate (REC) kepada para pelaku usaha. Ini merupakan inisiasi baru dari PLN, sebagai bentuk mendukung penggunaan energi terbarukan atau renewable energy sebagai wujud pemanfaatan energi bersih.

General Manager PLN UID Banten, Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan, REC merupakan atribut yang merepresentasikan produk ramah lingkungan sebagai upaya pelanggan untuk mendapatkan pengakuan internasional atas penggunaan energi terbarukan.

Baca Juga : Dukung Net Zero Emission 2060, PLN dan Pemprov Banten Gelar Lomba Masak dengan Kompor Induksi

“Melalui REC, PLN memfasilitasi para pelaku usaha yang membutuhkan klaim penggunaan energi terbarukan. Ini dapat menguntungkan bagi pelaku bisnis dan industri karena tidak perlu lagi berinvestasi besar untuk mendapat energi hijau. Para pelaku usaha dapat dimudahkan untuk mendapatkan pengakuan atas penggunaan energi terbarukan yang transparan, akuntabel, dan diakui secara internasional,” kata Andy dalam acara Bincang Santai dengan pelaku usaha bertajuk “Renewable Energy Certificate (REC) for Business Sustainability”, Rabu (28/8/2024).

Inspektur Ketenagalistrikan Ahli Muda Dinas ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) Provinsi Banten, Maulana Chaidir Malik menilai, REC menjadi terobosan konkret dari PLN untuk mendorong pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) di tanah air.

Baca Juga : Sukses Kawal Siaga Kelistrikan HUT RI, Bukti Komitmen PLN Banten Terpenuhi

“Ini salah satu inisiatif yang baik dari PLN. Kami berharap Banten dapat menjadi pionir dalam pengembangan energi terbarukan di Indonesia. Kami akan terus berupaya menginisiasi kebijakan daerah yang mendukung pertumbuhan sektor energi terbarukan, memfasilitasi investasi, dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya energi,” ujar Maulana.

Sementara Direktur Human Resources (HR) PT Panarub Industry, Esfari Maskawiyah, sebagai perwakilan sektor usaha yang telah menggunakan REC PLN sejak bulan Juli 2023 menceritakan, latar belakang perusahaannya menjadi pelanggan REC PLN, salah satunya terkait dengan isu sustainability dan juga pemanasan global.

Baca Juga : Promo Belanja Nyaman Listrik Aman PLN Dinikmati Warga Banten

“Ini menjadi langkah kami untuk berkontribusi dalam renewable energy, apalagi hampir 100 persen produk kami diekspor ke Eropa, dimana membutuhkan persyaratan sustainability dan energi bersih yang harus dipenuhi. Salah satunya dapat kami capai melalui penggunaan REC dari PLN,” ucap dia.

Pelanggan dapat melakukan pembelian REC PLN, baik untuk individu maupun korporasi, melalui website https://layanan.pln.co.id/renewable-energy-certificate (Ahmad)

Berita Terkait