Guna Tekan Angka Pengangguran, Disnakertrans Pandeglang Gelar Job Fair 2024

Job Fair 2024

Para pencari kerja yang mengikuti kegiatan Job Fair 2024 di halaman kantor Disnakertrans Pandeglang. Sandi

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pandeglang, 16 Perusahaan dari berbagai bidang usaha yang ada di wilayah Provinsi Banten, menggelar Job Fair 2024 di Halaman Kantor Disnakertrans Pandeglang, Selasa 14 Mei 2024.

Kepala Disnakertrans Pandeglang, Mohamad Kabir mengatakan, dari 16 Perusahaan yang meramaikan Job Fair 2024 kali ini, ditegaskannya ada sekitar 1.665 kesempatan kerja, dengan 485 kesempatan kerja untuk beberapa perusahaan di dalam negeri dan 1.180 kesempatan kerja, untuk di tempatkan di luar negeri.

Baca Juga : Job Fair SMKN 2 Pandeglang Diikuti 14 Perusahaan

“Awalnya kita mengundang sekitar 20 Perusahaan, tapi yang merespon hanya 16 Perusahaan. Dimana perusahaan-perusahaan itu, bergerak di berbagai bidang usaha, yang telah siap untuk menerima para pencari pekerja asal Pandeglang, yang siap ditempatkan sesuai dengan pilihan dari para pencari kerja tersebut,” ungkap Kabir.

Dikatakannya juga, bahwa kegiatan Job Fair di tahun 2024 kali ini, terbilang cukup ramai bila dibandingkan dengan Job Fair di tahun 2023, yang hanya melibatkan sekitar 14 Perusahaan.

Baca Juga : Kerjasama Dengan 14 Perusahaan, Disnakertrans Pandeglang Gelar Job Fair 2023

“Dalam Job Fair tahun 2023 lalu, Disnakertrans Kabupaten Pandeglang bekerjasama dengan 14 perusahaan, dengan pendaftar saat itu sebanyak 1.400 pendaftar. Sementara tahun ini (2024), Job Fair kita diikuti oleh 16 Perusahaan, dengan jumlah pendaftar hampir 2.000 pendaftar,” tambahnya.

Kepala Disnakertrans Pandeglang ini pun mengaku, kegiatan Job Fair tersebut merupakan bagian dari upaya menekan angka pengangguran di Kabupaten Pandeglang, yang menurutnya cukup tinggi, atau menjadi peringkat ke dua di Provinsi Banten ini, dengan jumlah mencapai 52 ribu orang, atau 9,05 persen dari jumlah penduduk usia produktif.

“Ya mudah-mudahan SDM yang ada di kita saat ini bisa memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sehingga bisa menjadi pekerja di perusahaan-perusahaan yang saat ini menggelar Job Fair bersama kita, yang nantinya bisa menekan angka pengangguran yang terbilang cukup tinggi di Pandeglang ini,” harapnya.

Baca Juga : Virtual Job Fair di Tangerang Kembali Dibuka, Tersedia 1.138 Lowongan

Sementara itu, Ririn Sabrina salah seorang pencari kerja yang mengikuti kegiatan Job Fair 2024, asal Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang mengatakan, kalau dirinya baru kali ini mengikuti kegiatan Job Fair, dan berharap bisa mendapatkan kesempatan di perusahaan yang diinginkannya.

“Ngelamarnya ketiga perusahaan, Alhamdulillah bisa membantu saya. Selain itu, Job Fair ini juga bisa jadi wadah, untuk saya melamar di bidang yang bahkan tidak saya minati. Kita kan bisa tau juga dari Job Fair ini,” ucap calon pencari kerja lulusan S1 ini singkat. (Sandi/Adyt)

Berita Terkait