70 Orang Warga Lebak Diduga Keracunan Usai Santap Nasi Kotak

Keracunan Nasi Kotak

Tangkapan video puluhan warga Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak yang sedang dirawat di Puskesmas Cijaku yang diduga akibat keracunan makanan. (Istimewa)

LEBAK, BINGAR.ID – Sekitar 70 orang warga Kecamatan Cijaku, Kabupaten Lebak, dilaporkan mengalami muntah-muntah, pusing dan diare. Mereka, diduga keracunan makan pasca-menyantap nasi kotak dari acara syukuran di wilayah tersebut.

Akibatnya kini mereka mendapat perawatan intensif di Puskesmas Cijaku.

Baca juga: Santap Makanan Diacara Khitanan, 50 Warga Carita Diduga Alami Keracunan

“Mulai datang mengeluh itu sehabis salat Jumat, terus makin banyak. Ya sampai semalam ada 70 orang yang sudah ditangani diantaranya 16 orang rawat jalan dan 54 orang rawat inap. Terdiri atas 4 balita dan remaja lalu 66 pasien dewasa,” kata Kepala Puskesmas Cijaku, Susilo, Sabtu (22/1/2022).

“Sejauh ini tidak ada pasien yang akan dirujuk ke rumah sakit. Dan mudah-mudahan bisa ditangani tim kami,” sambungnya.

Baca juga: Makanan dan Minuman Fermentasi Terbaik untuk Kesehatan

Susilo melanjutkan, beberapa sampel makanan yang dikonsumsi warga itu kini dibawa petugas ke laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) untuk diperiksa. Seperti mi, tempe orek, ayam goreng, telur rebus, dan rendang kambing.

“Sampel makanan sudah dikirim ke Labkesda. (Apakah dugaan keracunan) sedang dianalisa oleh pihak Polsek,” ujar Susilo. (Agisna)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru