264 Siswa SMP Negeri 3 Pandeglang Ikut Ujian Sistem ASSP

Ujian ASSP

Sejumlah siswa SMP Negeri 3 Pandeglang saat mengikuti kegiatan ASSP di salah satu kelas dengan diawasi langsung oleh gurunya. Sandi

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Ratusan siswa SMP Negeri 3 Pandeglang telah mengikuti kegiatan Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) tahun 2024. Kegiatan ASSP merupakan pengganti dari ujian nasional yang wajib diikuti karena sebagai asesmen akhir sebelum dinyatakan lulus dari SMP.

Ketua Panitia ASSP dan selaku Wakasek Kurikulum SMP Negeri 3 Pandeglang Wiwin Pertiwi mengatakan, kegiatan ASSP atau Asesmen Satuan Sumatif Pendidikan dilaksanakan dari tanggal 13 Mei sampai 18 Mei tahun 2024.

Baca Juga : Tidak Miliki Gedung, SMKN 15 Pandeglang Numpang KBM di SMP

“Semua Mata Pelajaran (Mapel) diujikan di kegiatan tersebut. Syukur alhamdulillah berjalan lancar,” ucap Wiwin, Jum’at 17 Mei 2024.

ASSP sudah mulai dilaksanakan dari hari Senin kemarin. Mapel yang diujikan itu Bahasa Indonesia dan PAI. Hari Selasa, Mapel Matematika dan PPKN. Hari Rabu, IPA dan PJOK. Selanjutnya, hari Kamis Bahasa Inggris dan Seni Budaya. Kemudian hair Jumat, IPS dengan Bahasa Sunda dan hari Sabtu itu finalnya.

“Siswa yang mengikuti ASSP itu sebanyak 264 siswa dan ini nilai akhir sebelum dinyatakan lulus sekolah,” katanya.

Baca Juga : Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Tahun 2021 Kembali Ditiadakan

Hasil dari ASSP ini, nilainya masuk nilai tambah. Jadi, kelulusan siswa itu merupakan hasil penilaian rekap wali kelas dari semester satu sampai lima dan digabung dengan hasil ujian ini.

“Setelah itu barulah nanti siswa akan mendapatkan nilai akhir. Yaitu kelulusan,” tambahnya.

Metode ujian sekolah menggunakan konsep ASSP ini lebih sederhana, namun tidak menurunkan kualitas belajar anak. Mereka tetap belajar karena memang sama-sama mengisi soal sesuai Mapel.

“Namun tidak begitu terbebani dengan rasa cemas ketika dilaksanakan seperti Ujian Nasional. Karena ada rasa takut tidak lulus,” aku Wakasek SMP 3 Pandeglang ini.

Baca Juga : Setelah SMP SMA, UN di Madrasah Juga Dipastikan Ditiadakan

Bahkan, pada waktu itu banyak kabar pemberitaan yang memprihatinkan. Sejumlah siswa ada yang sampai melakukan bunuh diri karena tidak lulus.

“Namun saat ini kelulusan dikembalikan kepada pihak sekolah sesuai penilaian dari semester satu sampai lima ditambah nilai akhir ujian. Sehingga membuat siswa menjadi lebih tenang belajar karena penentunya bergantung dari kelakuan baik dan hasil belajar di sekolah tidak bergantung hasil ujian dilangsungkan beberapa hari saja,” tegasnya.

Sementara, Kepala SMP Negeri 3 Pandeglang Ading Suhendi mengatakan, pelaksanaan ASSP di SMP Negeri 3 Pandeglang berjalan lancar dan baik.

“Waktu kemarin juga kita sempat mendapatkan pemantauan dari Kepala Disdikpora, ibu Dewi Setiani. Yang memantau dari luar saja untuk melihat pelaksanaan ASSP di SMP Negeri 3 Pandeglang ini,” tutupnya. (Sandi/Adyt)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru