111 Siswa SPN Polda Banten Resmi Dilantik Jadi Bintara Polri

Bintara

Pelantikan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2024, di SPN Mandalawangi Polda Banten. Sandi

PANDEGLANG, BINGAR.ID – Kapolda Banten Irjen Pol. Abdul Karim pimpin upacara pelantikan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2024, di SPN Mandalawangi Polda Banten, pada Kamis 11 Juli 2024.

Adapun dalam pelantikan kali ini sebanyak 111 siswa dilantik menjadi Bintara Polri. Proses pelantikan diawali dengan pemeriksaan pasukan, pengambilan sumpah, penanggalan tanda siswa dan pemasangan tanda pangkat efektif.

Baca Juga : 10 Lulusan SPN Banten Dikirim ke Kaltim untuk Pengamanan IKN

Kemudian dilanjutkan penyerahan ijazah, pemberian penghargaan kepada 3 siswa terbaik, pernyataan penutupan pendidikan oleh Kapolda Banten selaku Inspektur Upacara dan terakhir ditutup dengan peragaan keterampilan oleh Bintara yang baru dilantik.

Setelah itu Irjen Pol. Abdul Karim pun menyampaikan kepada para siswa yang di lantik menjadi Bintara Remaja Polri agar dapat bertanggung jawab pada tugas sebagai Bhayangkara Negara.

“Mulai hari ini pada diri rekan-rekan telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara, setiap sikap tutur kata dan prilaku akan menjadi tauladan bagi masyarakat,” kata Irjen Pol. Abdul Karim.

Baca Juga : Diangkat Jadi Bintara Polri, 168 Lulusan SPN Banten Diingatkan Tantangan Revolusi Industri 4.0

Ia menjelaskan, bahwa selama 5 bulan para siswa menjalani pendidikan dan pelatihan terhitung mulai tanggal 13 Febuari 2024 sampai dengan 11 Juli 2024.

“Siswa Diktukba Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2024 menjalani pendidikan dan pelatihan selama 5 bulan sehingga pada hari ini tanggal 11 Juli 2024 para siswa resmi dilantik menjadi Bintara Polri,” jelasnya.

Kapolda Banten ini juga mengingatkan kepada para Bintara baru tentang tantangan yang akan mereka hadapi di masa yang akan datang.

Baca Juga : SPN Banten Minta Upah Minimum Tahun 2021 Naik

“Keamanan dan ketertiban masyarakat adalah tanggung jawab kita bersama. Dalam menjalankan tugas, kalian akan menghadapi berbagai tantangan, namun dengan semangat dan komitmen yang kuat, saya yakin kalian mampu mengatasinya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Irjen Pol. Abdul Karim mengucapkan selamat atas dilantiknya Siswa Diktukba Polri Gelombang I Tahun Anggaran Tahun 2024.

“Dengan berakhirnya Program Pembentukan ini saya mengucapkan selamat kepada para Bintara Remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan semua rangkaian pendidikan pembentukan selama 5 bulan dengan baik sehingga menghantarkan rekan-rekan sekalian menjadi anggota Polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua,” ujarnya.

Sementara, Salah satu Bintara yang baru dilantik, Bripda Nicolaus maurice justin, mengungkapkan rasa syukur dan harapannya setelah resmi dilantik.

“Saya sangat bersyukur bisa sampai pada tahap ini. Ini adalah awal dari perjalanan panjang sebagai abdi negara. Saya bertekad untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan membawa nama baik Polri,” singkatnya. (Sandi)

Berita Terkait

Berita Terkait

Berita Terbaru